4 Strategi Tembus Pasaran Bisnis di Uni Emirat Arab

4 Strategi Tembus Pasaran Bisnis di Uni Emirat Arab

4 Strategi Tembus Pasaran Bisnis di Uni Emirat Arab – Siapa sih yang tidak Uni Emirat Arab? Uni Emirat Arab merupakan sebuah kumpulan negara federasi yang terkenal di seluruh dunia. Semua negara yang bergabung dalam Uni Emirat Arab ini diakui dunia sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia. Ada banyak negara yang bekerjasama melakukan ekspor dan impor minyak bumi di sini. Mayoritas penduduknya juga berpenghasilan besar dan mempunyai daya beli yang cukup tinggi. Jadi, negara ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai pangsa ekspor untuk berbagai produk dari seluruh dunia khususnya di negara Indonesia.

Strategi Tepat Mengembangkan Bisnis di Negara-Negara Uni Emirat Arab

Elephantation – Meskipun dibilang memiliki pangsa pasar yang cukup baik untuk perdangan, tidak semua produk tersebut berhasil masuk ke wilayah Uni Emirat Arab. Hal ini dikarenakan persaingan pasarnya sangat besar bahkan sudah bertaraf international. Maka dari itu, diperlukan beberapa strategi khusus supaya bisa menembus pasar dan dapat bersaing di negara Uni Emirat Arab. Jika Anda berminat mengembangkan bisnis di beberapa negara yang tergabung di Uni Emirat Arab, maka Anda harus mengikuti beberapa strategi berikut ini, yaitu :

1. Semua produk yang akan di ekspor harus memenuhi berbapa pesyaratan khusus
Semua pebisnis yang akan mengekspor berbagai produknya ke negara-negara Uni Emirate Arab harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi. Salah satunya adalah dengan memiliki ijin usaha dan memiliki kredibelitas yang tinggi. Tidak hanya itu saja, semua produk yang dikirim harus mempunyai beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan. Misalnya saya Bill Of Landing, Surat Keterangan Asal Barang, sertifikat dari perusahaan atau layanan asuransi, dan lainnya. Khusus untuk sertifikat asuransi harus mendapatkan legalisir resmi dari keduataan arab saudi di Jakarta.

4 Strategi Tembus Pasaran Bisnis di Uni Emirat Arab

2. Memiliki kontak dagang dengan pihak importir barang di beberapa negara Uni Emirat Arab
Pada dasarnya para pelaku usaha ekspor harus mengadakan hubungan komunikasi dengan pihak importir di Uni Emirat Arab. Hal ini dilakukan agar bisa berkerjasama dengan sole agen yang terdapat pada setiap negara tersebut.

3. Lakukan promosi dan pemasaran yang tepat
Promosi dan pemasaran produk merupakan sebuah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Sama seperti negara lain, promosi serta pemasaran produk menjadi sebuah urusan yang penting untuk dapat menembus pasar ekspor di negara-negara Uni Emirat Arab. Kegiatan promosi produk di negara ini bisa dilakukan secara patungan sebagaimana saran yang diberikan oleh para pelaku importir dari negara tersebut. Pihak pengeskpor barang akan membayar biaya 70% dan 20% biaya promosi ditanggung oleh pihak importir. Sementara itu sisanya yang 10% dibayarkan oleh toko pengecer. Kegiatan promosi dan pemasaran ini sering kali dilakukan dengan menggunakan sosial media atau billboard yang terpasang di berbagai jalan-jalan strategis di negara tersebut. Ada juga yang melakukannya melalui iklan di televisi.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Sistem Dan Strategi Exporting Bisnis di Kawasan Uni Emirat Arab

4. Penuhi standarisasi mutu produk
Semua pengekspor yang ingin menjual produknya negara Uni Emirat Arab harus mempunyai dan memberikan sertifikat halal dan juga label halal pada setiap kemasan produknya. Selain itu juga harus melampirlan tanda pengenal keamanan pada jumlah produk, SASO, dan Quality and Metrology Organization. Wah, ternyata ada banyak juga ya persyaratan yang harus dipenuhi. Jika Anda tertarik untuk memasarkan produk Anda di negara Uni Emirat Arab maka wajib untuk memenuhi semua persyaratan tersebut tanpa kecuali. Dengan begitu, produk Anda bisa lolos bersaing di pangsa ekonomi di sana.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *