Sukses Tembus Pangsa Pasar Uni Emirat Arab, Indonesia Ekspor Komuditas Agrarisnya

Sukses Tembus Pangsa Pasar Uni Emirat Arab, Indonesia Ekspor Komuditas Agrarisnya

Sukses Tembus Pangsa Pasar Uni Emirat Arab, Indonesia Ekspor Komuditas Agrarisnya – Negara Indonesia merupakan sebuah negara agraris terbesar di seluruh dunia. Negara Indonesia kaya akan sumber berbagai macam komuditas pertanian yang memiliki mutu serta kualitas yang sangat bagus. Maka tidak heran lagi apabila negara Indonesia memiliki prospek yang sangat bagus sebagai salah satu produsen produk pertanian. Hampir sebagian besar produk pertanian di Indonesia bahkan sudah diekspor ke luar negari khususnya di beberapa negara Uni Emirat Arab Ada berbagai macam produk komuditi pertanian yang sangat populer di pasaran bisnis Uni Emirat Arab. Tahun demi tahun pemasaran produk ini semakin mengalami peningkatan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Minyak Kelapa Sawit
Elephantation – Menurut data yang diperoleh dari BPDP minyak kelapa sawit sejak dari tahun 2016 sistem kerja pada produk kelapa sawit mengalami perbaikan yang cukup drastis. Nilai ekspor kelapa sawit ke negara Uni Emirat Arab mencapai 18 milyar dan jumlah ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja hal ini bisa menambah devisa negara. Akan tetapi, dalam perindustrian kelapa sawit banyak mengalami berbagai tantangan dimana salah satunya adalah adanya berbagai macam isu yang berkaitan dengan masalah lingkungan, contohnya saja isu mengenai dampak perkebunan sawit terhadap penurunan keanekaragaman hayati.

Untuk menanggapi masalah ini, pemerintah Indonesia sudah menyiapakan strategi matang berupa berbagai macam peraturan yang dijadikan sebagai sebuah bukti apabila Indonesia mempunyai peranan aktif di dalam mengikuti perundangan international yang terkait usaha pelestarian lingkungan. Selain itu, pemerintah Indonesia juga berusaha untuk meningkatkan produktivitasnya. Tidak hanya ke negara Uni Emirat Arab saja, minyak sawit Indonesia juga banyak di ekspor ke seluruh negara kawasan Asia, Amerika Serikat, dan Eropa.

Sukses Tembus Pangsa Pasar Uni Emirat Arab, Indonesia Ekspor Komuditas Agrarisnya

2. Karet
Selain minyak kelapa sawit, karet menjadi komuditas pertanian dari Indonesia yang sukses menembus pasar bisnis di negara-negara Uni Emirate Arab. Berbagai industri pengolahan karet yang berpusat di Sumatera Selatan dan Kalimantan Banyak menjual produk mereka di pasaran bisnis negara tersebut. Sekitar 88% hasil produksi olahan karet ini di ekspor ke negara -negara Uni Emirat Arab dan negara lainnya di seluruh dunia.

Baca juga : 4 Strategi Tembus Pasaran Bisnis di Uni Emirat Arab

3. Produk olahan kayu
Siapa sih yang tidak kenal dengan berbagai macam produk olahan kayu asli Indonesia? Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika sebagian besar produk olahan kayu dari negara Indonesia ini sangat terkenal di dunia. Hal ini karena sebagian besar produknya memiliki kualitas yang sangat bagus. Maka tidak heran, produk ini sangat laris di pasaran bisnis international salah satunya adalah negara- negara Uni Emirat Arab.

Penjual produk olahan kayu semakin tahun semakin mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut hingga mencapi 18,46 juta ton. Apabila diubah ke dalam rupiah bisa mencapai 134 Trilyun. Salah satu jenis kayu yang banyak diminti adalah jenis kayu Sengon. Jenis kayu ini mempunyai banyak sekali keunikan dan sangat mudah diolah menjadi berbagai macam produk furniture. Selain itu, ketahanannya juga sangat kuat. Setiap tahunnya, Indonesia bisa mengekspor produk kayu Segon mencapai 4000 kontainer setiap bulannya.

4. Buah-buahan
Ada beberapa jenis buah asli Indonesia yang saat ini menjadi primadona dan banyak diekspor ke Uni Emirate Arab yaitu mangga, manggis dan salak. Hampir setiap tahunnya jumlah pengiriman buah-buahan ke negara-negara ini dan negara di kawasan Asia mengalami peningkatan yang sangar drastis. Tentu saja semua buah yang dikirim harus mempunyai kualitas yang bagus dan juga sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *