Site icon Situs Slot Online Dengan Bonus Jackpot dan ID Demo Pragmatic Play

7 Negara Yang Menjalin Kerjasama Dengan Taiwan

7 Negara Yang Menjalin Kerjasama Dengan Taiwan

7 Negara Yang Menjalin Kerjasama Dengan TaiwanHingga saat ini hubungan antara Taiwan dengan China semakin memanas. Di mana perseteruan itu berawal dari kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa waktu yang lalu. Padahal sebelumnya Beijing telah memperingatkan kepada dewan perwakilan rakyat itu jika tetap berkunjung ke Taiwan pihaknya akan mengambil tindakan keras. Ancaman yang dilontarkan oleh Cina itu saat ini terbukti. Di mana ketika Nancy berhasil menginjakkan kakinya di Taiwan, Beijing langsung mengumumkan menggelar latihan berhari-hari di lokasi tersebut, sehingga membuat Taiwan seperti dikepung.

Negara-negara Yang Menjalin Kerjasama Dengan Taiwan

Dalam hal itu pihak Beijing menganggap bahwa Taiwan termasuk ke dalam bagian kedaulatan. Sedangkan sebaliknya Taiwan tetap gigih ingin memerdekakan diri sehingga menyebabkan perseteruan yang berlangsung hingga saat ini. Bahkan untuk ada beberapa deret nama negara yang menjalin kerjasama. Adapun daftarnya seperti berikut ini.

Amerika Serikat

Negara pertama yang mendukung kemerdekaan Taiwan adalah Amerika Serikat. Dukungan itu terbukti dari sering negara super power itu mengirimkan senjata ke Taiwan. Selain itu kunjungan yang dilakukan oleh pejabat Washington ke Taiwan juga menjadi tanda bahwa Amerika Serikat mendukung kemerdekaan taipe. Tetapi setiap Beijing marah atas tindakan yang dilakukannya itu, Amerika Serikat masih berdalih bahwa menerapkan prinsip satu China. Perlu diketahui bahwa prinsip 1 Cina itu hanyalah mengakui Beijing sebagai satu-satunya pemerintahan resmi di Tiongkok tersebut. Di samping itu negara super power tersebut sudah berkomitmen dengan undang-undang hubungan Taiwan, 6 jaminan dan 3 komunike. Di mana 6 jaminan itu merupakan bentuk klarifikasi komunike ketiga antara Amerika Serikat dengan Cina pada tahun 1982. Kesepakatan itu memiliki tujuan utama yaitu untuk meyakinkan Taiwan dan kongres jika Amerika Serikat akan mendukung kemerdekaan Taiwan.

Australia

Negeri kanguru ini juga sudah melakukan kerjasama dengan Taipei dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan hubungan antar masyarakat. Namun sayangnya transaksi yang dilakukan antar dua negara itu masih tidak resmi. Hal itu terbukti dari kantor perwakilan Australia di Taiwan yang belum mempunyai status diplomatik. Hingga saat ini pemerintahan Australia mendukung perkembangan kerjasama ekonomi yang dilakukannya dengan Taiwan. Bukan hanya itu saja Negeri kanguru ini juga memberikan dukungan akan partisipasinya terhadap Taiwan dalam organisasi serta konversi internasional jika suatu saat diperlukan. Perlu diketahui bahwa Australia sendiri tidak mendukung prinsip 1 Cina yang dibuat Beijing itu, sehingga menginginkan agar Taiwan bisa merdeka.

Inggris

Meskipun Inggris tidak mengakui kedaulatan Taipei, namun pihaknya tetap lakukan kerjasama di berbagai bidang seperti pendidikan, budaya dan ekonomi. Bukan hanya itu saja Inggris juga mengakui secara rutin melobi untuk mendukung partisipasi Taiwan dalam hal organisasi internasional.

Kanada

Meskipun Kanada tidak mempunyai hubungan resmi dengan Taiwan dan pihaknya tetap menjunjung prinsip satu Cina. Namun Taiwan tetap menjalin kerjasama dengan Taipei di berbagai macam bidang seperti perdagangan, ekspor impor, teknologi informasi, kedirgantaraan dan lain-lain.

Jerman

Selain Kanada, Jerman juga termasuk ke dalam negara yang tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Taiwan. Namun Jerman juga melakukan berbagai macam kerjasama dengan Taiwan tersebut. Salah satu kerjasamanya yaitu di bidang pendidikan. Hal itu terbukti di Taiwan terdapat pusat informasi layanan pertukaran akademik Jerman.

Jepang

Negeri sakura ini juga telah menjalin kerjasama dengan Taiwan meskipun pihaknya tidak memiliki hubungan yang resmi terhadap Taipei itu. Diketahui bentuk kerjasama yang dilakukan Jerman dengan Taiwan itu berupa budaya, teknologi informasi, pendidikan. Bukan hanya itu saja Jepang juga melakukan kerjasama dalam mencegah provokasi yang terjadi di Laut Cina Selatan.

Malaysia

Hingga saat ini Malaysia masih menjunjung tinggi prinsip satu Cina. Meskipun begitu pihaknya tetap menjalin kerjasama dengan Taiwan dalam berbagai macam bidang. Hal itu terbukti dari sejak tahun 2016 Malaysia telah menjalin kerjasama berupa akselerasi pertukaran orang ke orang, ekonomi dan peningkatan interaksi di tingkat daerah. Bukan hanya itu saja di tahun yang sama tersebut Malaysia juga telah membentuk komite kerjasama ekonomi Malaysia Taiwan. Tujuan dibentuknya komite itu adalah sebagai tempat untuk mempromosikan perdagangan bersama, usaha kecil dan investasi.

Informasi Terkini Tentang Perseteruan Taiwan Dengan Cina

Pada hari Kamis tanggal 1 September yang lalu, pihak Taiwan berhasil menembak sebuah pesawat tidak berawak sipil yang sengaja memasuki wilayah udaranya. Kejadian itu tepatnya terjadi di sebuah pulau kecil di lepas pantai Cina. Tindakan itu sengaja dilakukan oleh pemerintah Taiwan sejak pihaknya berjanji akan segera mengambil tindakan tegas demi menangani berbagai macam penyusupan. Beijing yang mengklaim bahwa Taipei merupakan miliknya, sudah mengadakan latihan militer di sekitar wilayah itu Beberapa bulan yang lalu sejak dewan perwakilan Rakyat Amerika Serikat datang di daerah tersebut.

Dalam hal ini Pemerintah Thailand telah menyatakan bahwa pihaknya tidak akan melakukan provokasi. Namun belum lama ini Taiwan marah atas tindakan Cina tentang drone yang berdengung di pulau-pulau kecil sekitar Taiwan tersebut. Sebelumnya pihak Taiwan sudah memperingatkan kepada Cina akan permasalahan itu namun tidak berhasil. Dengan begitu membuat Taiwan sengaja menembak jatuh pesawat tidak berawak itu sehingga puing-puingnya jatuh ke laut. Namun kementerian luar negeri cina menolak keluhan yang disampaikan oleh Taiwan itu tentang pesawat tidak berawak.

Itulah beberapa negara yang menjalin hubungan kerjasama dengan Taiwan dalam berbagai macam bidang. Meskipun saat ini negara tersebut sedang ada di dalam kondisi memanas dengan Cina.

 

Exit mobile version